Minggu, 11 September 2022

5 Persiapan Sebelum Membeli Properti, Jangan Sampai Ketipu!

 

persiapan sebelum membeli properti

Membeli rumah melalui jasa developer memang menjadi cara paling mudah yang digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan rumah impian. Sebelum membeli rumah, terdapat beberapa tips membeli rumah pertama juga persiapan sebelum membeli properti yang harus Anda lakukan.

Penasaran dengan cara membeli rumah yang aman dan terpercaya? Yuk simak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah berikut ini.

Aspek yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Cara membeli rumah agar tak menyesal adalah memperhatikan dengan baik hal-hal sebelum membeli rumah. Nah, ini dia aspek yang perlu diperhatikan sekaligus tips membeli rumah agar tidak tertipu dan menyesal nantinya.

1. Menyiapkan Modal Untuk Membeli Rumah

Persiapan pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan pembelian rumah ialah menyiapkan modal. Anda harus menghitung berapa dana yang Anda alokasikan untuk membeli rumah.

Dengan demikian, Anda bisa menentukan model rumah dan lokasi rumah yang paling tepat sesuai budget Anda. Jika Anda hendak membeli dengan sistem KPR maka Anda juga wajib tahu terkait mekanisme pengajuan KPR di bank.

2. Mempersiapkan Biaya Ekstra

Ketika Anda hendak melakukan pembelian rumah, terdapat biaya yang tak terduga dimana perlu Anda persiapkan. Biaya ekstra yang dimaksud ini seperti biaya appraisal, biaya nitaris, pajak properti, maupun asuransi jiwa.

Calon pembeli biasanya melupakan biaya ekstra ini dan hanya fokus pada harga rumah. Untuk itu, Anda harus menyiapkan dana ekstra guna keperluan biaya yang bisa membengkak ketika akad jual beli rumah telah selesai.

3. Menentukan Lokasi yang Tepat

Lokasi rumah sangat berpengaruh pada harga rumah yang hendak Anda beli. Sebaiknya, lakukan survey terlebih dahulu terkait rumah yang paling tepat dengan budget Anda.

Biasanya rumah yang berlokasi di pinggiran atau jauh dari pusat kota mempunyai harga yang lebih murah. Apabila akses transportasi dan fasilitas cukup memadai, sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Namun, jika mempunyai dana yang cukup maka Anda bisa mulai mempersiapkan titik-titik lokasi rumah yang strategis sesuai keinginan Anda. Jangan sampai Anda hanya menuruti model rumah saja dan tergiur harga murah tanpa tahu lokasi rumah yang ideal untuk Anda.

4. Spesifikasi Bangunan

Hal lain yang perlu Anda persiapkan ialah riset terkait spesifikasi bangunan yang ingin Anda beli. Apakah Anda membutuhkan rumah dengan satu kamar atau dua kamar. Apakah rumah satu lantai maupun dua lantai.

Walaupun spesifikasi rumah ini bisa disesuaikan dengan budget, namun Anda harus memiliki kriteria pokok yang menjadi acuan dalam membeli rumah. Misalnya saja Anda memiliki 2 anak, tentu rumah dengan 1 kamar tidak cukup bukan?

5. Memilih Developer yang Kredibel

Apabila Anda hendak membeli rumah melalui jasa developer, maka pastikan bahwa developer yang Anda pilih tersebut benar-benar kredibel. Lihatlah bagaimana reputasi developer dan track-record pada proyek-proyek sebelumnya.

Semakin terpercaya developer tersebut, maka kemungkinan Anda menyesal dan tertipu akan semakin kecil.

Baiklah, itulah beberapa tips dan aspek yang perlu diperhatikan dalam persiapan sebelum membeli properti. Adanya tips yang disampaikan di atas semoga bisa memperkaya informasi Anda sebelum melakukan pembelian rumah.

Arizal Firmansyah, Pendiri RIZALmedia, sebuah usaha multimedia diantaranya Shooting Video, Fotografi, Kursus Komputer, dll. Baca profil Arizal selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :