ORANG YANG MELAKUKAN KEGIATAN DISTRIBUTOR DISEBUT?

 Tidak hanya peran konsumen dan produsen saja, kegiatan ekonomi juga memerlukan adanya seorang distributor. Orang yang melakukan kegiatan distributor disebut sebagai seorang distributor.

Orang yang melakukan kegiatan distributor disebut

Apa pengertian distributor dan apa fungsinya dalam kegiatan ekonomi yang manusia lakukan setiap harinya? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini agar lebih paham secara mendalam.

APA ITU DISTRIBUTOR?

Komponen dalam kegiatan ekonomi yang tidak kalah penting dengan produsen dan konsumen adalah distribusi. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan produk dari produsen ke konsumen, dan pelakunya disebut distributor.

Tak hanya menyalurkan barang dari produsen sampai ke tangan konsumen, terkadang kegiatan distribusi ini juga menyalurkannya ke retailer-retailer yang nantinya akan sampai ke tangan konsumen.

Maksud dari penyalur atau distributor adalah mereka hanya mengambil barang dari produsen dan menyalurkannya ke retailer atau konsumen secara langsung tanpa melakukan proses perubahan terhadap produk tersebut.

Distributor juga terkenal sebagai rantai pertama yang menyalurkan produk atau barang dari produsen. Kebanyakan distributor membeli produk kepada produsen dalam jumlah yang banyak, sehingga mendapatkan potongan harga dari produsen.

Nantinya potongan harga ini menjadi selisih harga yang distributor dapatkan saat menjualnya kembali kepada para konsumen akhir. Selisih harga tersebut lah yang distributor dapatkan sebagai keuntungan.

FUNGSI DISTRIBUTOR

Kita mengenal orang yang melakukan kegiatan distributor disebut sebagai distributor yang menyalurkan produk ke konsumen. Namun, ternyata fungsi dari distributor dalam kegiatan ekonomi tak hanya sebagai penyalur loh.

Distributor memiliki lima fungsi dalam berlangsungnya kegiatan ekonomi antara produsen dan konsumen, yaitu :

1. Membeli Produk dari Produsen

Distributor adalah komponen pertama yang melakukan pembelian terhadap produk buatan produsen yang nantinya akan mereka jual dan salurkan sampai ke tangan para konsumen akhir.

2. Menyimpan Produk

Saat menyimpan produk yang mereka beli dari produsen, distributor harus pintar menyimpan produk-produknya agar kualitasnya tetap terjaga.

3. Mengklasifikasikan Produk

Dalam memudahkan penyimpan produk yang nantinya perlu untuk dijual, distributor akan mengklasifikasikannya berdasarkan kategori, masa pembuatan, dan kategori lainnya untuk menjual produk dengan kualitas yang baik.

4. Menjual Produk

Setelah membeli produk dari produsen, distributor akan menjualnya kembali kepada pengecer atau konsumen akhir dengan harga yang sedikit lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

5. Menyalurkan Produk

Fungsi utama dari seorang distributor dalam menyalurkan produk, baik dari produsen ke tempat penyimpanannya, maupun dari tempat penyimpanannya ke tempat konsumen akhir.

Ternyata, peran orang yang melakukan kegiatan distributor disebut sebagai distributor itu penting, ya. Tanpa adanya peran seorang distributor, kegiatan ekonomi tidak akan terlaksana dengan tepat.

Baca Artikel Lainnya :

Postingan populer dari blog ini

DAGO BAKERY PUNCLUT BANDUNG, Harga Menu, Harga Tiket, Alamat dan Fasilitas

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa dan Bagaimana Tipsnya?

PANTAI TANJUNG LESUNG, Harga Tiket Masuk, Aktifitas Seru dan Daya Tarik