Baca 3 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Komikus!

 Akhir-akhir ini peminat buku komik meningkat dengan pesat. Jenis buku ini memiliki daya pikat yang kuat kareana tak hanya menyajikan tulisan tetapi juga gambar yang apik. Orang yang membuat gambar komik disebut sebagai komikus.

Orang yang membuat gambar komik disebut
Seorang komikus adalah seniman yang membuat gambar secara manual maupun digital melalui komputer. Namun, sebutan komikus hanya ditujukan kepada orang yang menggambar dan menulis alur komik, tidak untuk penulis alur cerita komik saja.

Orang yang membuat gambar komik disebut komikus, apa bedanya dengan kartunis?

Pekerjaan kartunis dan komikus serupa, sehingga ada banyak tumpang tindih dalam deskripsi pekerjaan mereka. Baik kartunis maupun komikus sama-sama menggambar untuk menyampaikan ide dan gagasan.

Kartunis menggambar gambar yang biasanya dimaksudkan untuk menjadi lucu dan mungkin memiliki pesan di belakangnya dan biasanya dinyatakan dalam satu bingkai saja.

Komikus juga menggambar, tetapi mereka menggunakan banyak bingkai, seperti dalam strip komik, buku komik atau novel grafis untuk menceritakan sebuah cerita.

Genre komik atau novel grafis menggunakan visual dalam serangkaian panel berurutan untuk menceritakan sebuah cerita. Sebagian besar komik menyertakan teks, sehingga komikus harus menggabungkan teks dan font sebagai bagian dari keseluruhan desain.

Komikus cenderung menjadi ilustrator seri sekaligus penulis alur cerita. Buku komik atau novel grafis memungkinkan memiliki penulis yang berbeda, tetapi pada akhirnya terserah ilustrator untuk menginterpretasikan teks alur cerita ke dalam bentuk grafis.

Apa syarat pendidikan untuk menjadi komikus?

Seniman dalam genre apa pun dapat berhasil tanpa pendidikan formal, tetapi dalam bidang yang kompetitif, gelar dapat menjadi aset yang luar biasa. Gelar khususnya sarjana dalam seni rupa, ilustrasi komersial, seni grafis atau animasi dapat membantu membangun portofolio.

Sekolah teknik kejuruan atau pendidikan perguruan tinggi akan memungkinkan untuk memperoleh pengetahuan, mengembangkan keterampilan dan mulai menciptakan jaringan profesional. Alternatif untuk menghadiri perguruan tinggi adalah dengan menghadiri sekolah seni swasta.

Skill apa yang harus dimiliki seorang komikus?

Peran seorang komikus adalah untuk membuat ilustrasi untuk komik, buku dan kartun. Mereka harus mengekspresikan ide, cerita, situasi dan karakter dengan sangat jelas dan efektif. 

Seorang komikus harus memiliki bakat untuk berkomunikasi secara visual yang dinamis karena pada genre ini menggunakan media yang sangat ekspresif dan dirancang untuk mengemas pesan. Komikus yang menulis karya mereka sendiri cenderung memiliki selera humor yang kuat atau absurd.

Mereka biasanya memiliki pikiran yang tajam untuk menghasilkan komentar sosial atau politik, dan rasa yang tajam untuk mendongeng saat membuat komik. Ketika bekerja dengan seorang penulis, kemampuan untuk berkolaborasi secara efektif adalah kunci keberhasilan komik.

Semakin populernya novel grafis, menciptakan lebih banyak peluang karir untuk orang yang membuat gambar komik disebut sebagai komikus. Meski tidak mudah tetapi dengan bakat, motivasi dan ketekunan yang cukup, siapapun dapat menjadi komikus handal.

Baca Artikel Lainnya :

Postingan populer dari blog ini

DAGO BAKERY PUNCLUT BANDUNG, Harga Menu, Harga Tiket, Alamat dan Fasilitas

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa dan Bagaimana Tipsnya?

PANTAI TANJUNG LESUNG, Harga Tiket Masuk, Aktifitas Seru dan Daya Tarik