4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Orang yang Memberikan Informasi dalam Berita

 Orang yang memberikan informasi dalam berita disebut sebagai narasumber berita oleh para ahli. Narasumber berasal dari para ahli atau seseorang yang memiliki otoritas untuk menyumbangkan sebuah informasi dan pendapat kepada yang membutuhkan.

Orang yang memberikan informasi dalam berita disebut

Narasumber sering kali digunakan untuk melakukan kegiatan pendidikan, tetapi juga dapat membantu dalam kegiatan ataupun program-program lainnya. Narasumber dapat berasal dari dalam maupun luar organisasi.

Orang yang memberikan informasi dalam berita disebut sebagai apa?

Narasumber adalah individu yang dianggap memiliki kemampuan atau pengetahuan tertentu. Narasumber sering digunakan sebagai seseorang yang dapat dihubungi untuk memperoleh informasi pendukung bagi orang lain dalam suatu berita, organisasi atau kegiatan.

Apa saja tugas narasumber dalam berita?

Sebagai orang yang memberikan informasi dalam berita disebut sebagai narasumber, ia memiliki tugas untuk memberikan informasi berdasarkan fakta yang sebenar-benarnya, tanpa ada unsur tambahan untuk melebih-lebihkan cerita.

Seorang narasumber harus bisa bersikap objektif terhadap suatu permasalahan. Ia juga berkewajiban untuk memberikan informasi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dengan tanpa ada unsur paksaan sehingga keterangan yang diberikan jelas dan benar adanya.

Syarat-syarat narasumber

Diantaranya terdapat 6 kriteria untuk dipertimbangkan dalam pemilihan narasumber :
  • Pengetahuan yang mendalam mengenai topik yang didiskusikna dalam berita
  • Pengalaman dalam bidang yang sedang dibahas
  • Latar belakang pendidikan
  • Ketersediaan untuk memberikan informasi dan keterangan
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan grup
  • Memiliki pemikiran yang terbuka
Namun tentu sulit untuk menemukan 6 faktor ini dalam satu orang saja. Oleh karenanya, pengalaman bekerja sebagai narasumber dengan kelompok, masalah atau situasi yang sama lebih diutamakan. Pengetahuan dan pengalaman dengan para ahli juga dapat membantu.

Pertimbangan penting lainnya yang dapat diguanakan dalam memilih narasumber adalah :
  • Apakah mereka mengetahui fakta terkini?
  • Apakah mereka selalu mengikuti perkembangan di bidang keahlian mereka?
Pelatihan dan pengalaman narasumber akan sangat mempengaruhi informasi yang akan dia berikan. Banyak ahli percaya bahwa peran narasumber adalah memberi tahu, menasihati, menginformasikan, atau memberi jawaban.

Jenis narasumber

Narasumber adalah orang yang memberikan informasi dalam sebuah wawancara dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya :

1. Ilmuwan

Ilmuwan bertugas menyampaikan penemuan baru berdasarkan disiplin ilmu yang dikuasainya.

2. Birokrat

Birokrat mengacu kepada orang yang bekerja di lembaga pemerintahan dan bertugas untuk menyampaikan informasi berdasarkan institusi tempatnya bekerja.

3. Politisi

Politisi mengacu pada figur politik dalam pemerintahan yang merupakan seorang ahli dalam dunia politik.

4. Pejabat humas

Pejabat humas sering kali dijumpai pada kegiatan konferensi pers sebuah lembaga, karena pada dasarnya pejabat humas memiliki tugaa utama untuk memberikan informasi sekaligus menarik perhatian masyarakat akan suatu oermasalahan tertentu.

5. Masyarakat terdampak

Masyarakat terdampak adalah sebuah kelompok masayarakat yang terlibat langsung dalam suatu permasalahan.

Orang yang memberikan informasi dalam berita disebut narasumber, merupakan seseorang yang sangat penting kehadirannya meski informasi yang diberikan umumnya bersifat sebagai tambahan. Oleh karena itu, memilih narasumber tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Baca Artikel Lainnya :



Postingan populer dari blog ini

DAGO BAKERY PUNCLUT BANDUNG, Harga Menu, Harga Tiket, Alamat dan Fasilitas

Orang yang Mengarang Puisi Disebut Apa dan Bagaimana Tipsnya?

PANTAI TANJUNG LESUNG, Harga Tiket Masuk, Aktifitas Seru dan Daya Tarik